Thursday, November 20, 2008

”NIKMATNYA KUE LAPIS LEGIT ALA WILLY"


Oleh Ester

Udara hangat beraroma kue yang harum dan menggiurkan, menyambut kedatangan saya saat melangkah masuk ke tempat pembuatan kue lapis legit Brother Tom di kawasan Kelapa Gading, Jakut. Beberapa karyawan sibuk menuangkan adonan dan memanggang dalam oven berukuran setinggi orang dewasa.

Proses pengadonan dan pemanggangan kue lapis legit diawasi oleh Willy Bordus, salah satu pemilik usaha lapis legit Brother Tom. ”Membuat kue lapis itu butuh kesabaran, karena kue dipanggang selapis demi selapis”, kata Willy. Kue lapis legit merupakan kue yang cukup populer dan digemari masyarakat Indonesia.

Lapis legit Brother Tom ada di Jakarta sejak tahun 2004, dan sampai tahun 2008 telah memiliki beberapa outlet yang tersebar di mal-mal Jakarta, seperti Plaza Senayan, Mal Artha Gading, Plaza Indonesia, Senayan City, dan Ranch Market Kebun Jeruk.

Berawal dari hobby makan, Willy menjadi sering mengolah makanan di dapur dan membuat kue. Selesai kuliah S1 di Fakultas Ekonomi di Institute Bisnis Indonesia, pada tahun 2004, Willy dan rekannya melirik bisnis makanan dan memutuskan untuk menjalani usaha kue lapis legit.

Mengapa lapis legit? ”Kami memiliki resep keluarga yang orisinil untuk kue lapis legit”, kata Willy. Berbeda dengan lapis legit yang banyak dijual di Jakarta, kue lapis legit Brother Tom memiliki tekstur lebih lembut dan kaya rasa.

Willy menghadirkan beberapa pilihan rasa pada produk kue lapisnya. Variasi rasa terdiri atas 4 macam yaitu lapis original, plum, keju dan coklat. Pilihan rasanya tidak hanya berupa essence, tapi berupa plum, coklat atau keju yang ditaburkan setiap 4 lapis dari adonan yang dipanggang.

Dengan menjaga kualitas rasa dan dikemas dalam packaging yang menarik, lapis legit Brother Tom menargetkan masyarakat kalangan menengah dan ke atas. Dilengkapi dengan servis antar gratis untuk daerah Jakarta, lapis legit Brother Tom berusaha memberi pelayanan terbaik untuk customernya.

Ada satu masalah yang mengganjal dalam usaha Willy, yaitu masalah banjir di Jakarta. Curah hujan tinggi pada waktu high season yaitu Natal dan Tahun Baru Imlek, dikhawatirkan menghambat servis antar kue lapisnya. ”Karena terhambat banjir, beberapa kali pengiriman kue menjadi terlambat tiba di tujuan”, kata Willy.

Tentunya banjir di Jakarta sangat berdampak terhadap usaha Willy. Apakah pada Natal dan Tahun Baru Imlek nanti usahanya akan terhambat? Willy menjawab, ”Hope for the best and prepare for the worst.”

1 comment:

Yuri Alfrin Aladdin said...

Komentar :

1. Intro (lead) deskripsi nya sudah bagus, tapi jangan gunakan kata ANTARA karena blog ini dapat diakses semua orang. Gunakan kata "saya" saja.

2. Perkuat lagi deskripsi tersebut pada alinea ke dua dengan menggambarkan kelezatan rasa kue lapis legit saat kamu coba mencicipinya. Gambarkan kelezatannya sedetil mungkin hingga dapat membuat pembaca bisa merasakan keharuman dan kelezatannya !

3. Kalau bisa, tambahkan dengan komentar dari salah seorang pencicip lainnya untuk memperkuat kesimpulan bahwa kue lapis legit ini berbeda dengan kue-kue lapis legit lainnya.

4. Bagus sekali pemaparan proses pembuatannya. Lebih menarik lagi kalau saja si pemilik usaha, Willy Bordus, mau sedikit "berbagi rahasia", apa sih resepnya yang menyebabkan lapis legitnya berbeda dengan lainnya ? A little comment from him is OK lah ...

5. Ingat, prinsip-prinsip dasar penulisan feature (karangan khas) hampir sama dengan penulisan berita langsung (straight news) yakni berdasarkan fakta (bukan fiksi) serta ada 5W+1H (who, what, where, when, why, how) atau minimal 4W+1H (minus when). Pada berita langsung 5W+1H berada di lead, sementara pada feature , tersebar di seluruh badan karangan khas.
Jika pada berita langsung kita mengenal yang disebut "angle" (sudut pengangkatan) , maka pada feature kita mengenal "theme" (tema). Karena itu , pada feature seluruh alinea harus terikat terus pada tema. Buang kalimat-kalimat yang tidak terkait dengan tema.

6. Ending atau penutup pada feature ini sudah OK.
7. Oya, boleh juga kalau kamu tambahkan informasi harganya tuh.

Anyway, you are great ! You have a good talent as a writer !

Cheers,
Yuri
http://yurihalla.blogspot.com